1.
Apa yang dimaksud dengan pemasaran?
Jawab :
Pemasaran adalah kegiatan yang menghubungkan antara
perusahaan dengan konsumen, Seperti yang diungkapkan oleh Boyd, Walker,
Larreche (2005) pemasaran adalah suatu proses sosial yang melibatkan
kegiatan-kegiatan penting yang memungkinkan individu dan perusahaan mendapatkan
apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pertukaran dengan pihak lain dan
untuk mengembangkan hubungan pertukaran”. Konsep inti pemasaran merubah peran
pemasaran seiring dengan kesadaran akan pentingnya pelanggan bagi suatu
perusahaan,
Menurut
Kotler, (2007): menyatakan bahwa .Pemasaran adalah suatu proses sosial dan
manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan
mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu
sama lain..
Berdasarkan
definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pemasaran bertujuan untuk
memuaskan konsumennya dengan mengenali apa yang dibutuhankan (needs),
keinginan (wants), dan permintaan (demands); produk (barang, jasa
dan gagasan); nilai, biaya dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan;
pasar dan pemasaran serta pemasar.
2. Mengapa pemasaran
sering disebut juga sebagai permintaan?
Jawab :
Umumnya orang beranggapan bahwa manajemen pemasaran berkaitan
dengan upaya pencarian pelanggan dalam jumlah besar untuk menjual produk yang
telah dihasilkan perusahaan. Tetapi pandangan ini terlalu sempit, karena
biasanya suatu organisasi (perusahaan) akan menghadapi kondisi permintaan
produk yang ringkasannya berbeda-beda. Pada suatu saat mungkin tidak ada
permintaan terhadap produknya, mungkin permintaannya cukup, permintaannya tidak
teratur atau terlalu banyak permintaan, sehingga manajeman pemasaran harus
mencari jalan untuk mengatasi keadaan permintaan yang berubah-ubah ini.
Jadi, manajeman pemasaran tidak saja berkaitan dengan upaya
mencari dan meningkatkan permintaan, tetapi juga mengelola permintaan pada saat
tertentu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa manajemen pemasaran
adalah suatu analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian dari
program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan
pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.
Manajemen pemasaran berupaya mempengaruhi tingkat dan
karakter permintaan dengan cara yang akan membantu pencapaian tujuan
organisasi. Karena itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai
manajemen permintaan.
3. Jelaskan apa perbedaan kebutuhan dan keinginan berdasarkan
konsep inti pemasaran! Berikan contohnya masing-masing 2 contoh!
Jawab :
Perbedaan Kebutuhan
dan Keinginan Berdasarkan Konsep Inti Pemasaran
Kebutuhan dalam konsep pemasaran merupakan suatu
hal yang penting baik bagi konsumen maupun pemasar karena dari
kebutuhan-kebutuhan tersebutlah terciptanya produk yang akan di pasarkan kepada
konsumen sehingga sangat berkaitan dengan pemasar.
Keinginan
merupakan suatu hal yang diinginkan dan diharapkan agar dapat memperoleh
sesuatu yang di dambakan baik oleh konsumen maupun pemasar sendiri, karena
seorang pemasar berkeinginana untuk bisa memuaskan konsumen serta dapat
memajukan perusahaannya.
a)
Kebutuhan adalah fungsi dasar atas sesuatu yang secara esensial diperlukan.
Contoh :
1. Kebutuhan manusia untuk
makan agar dapat memenuhi nutrisi
2. Kebutuhan manusia untuk
berpakaian
b) Keinginan adalah semua fungsi tambahan yang jika tidak ada sebenarnya tidak mengganggu hidup anda akan tetapi anda mengharapkan untuk bisa mendapatkan fungsi tambahan tersebut. Contoh :
1. Keinginan manusia untuk membeli
gadget mahal
2. Keinginan manusia untuk membeli
perhiasan
0 comments:
Post a Comment